Minggu, 28 Mei 2017

Mei 28, 2017
Pengumpulan data, landasan teori, dan referensi merupakan hal yang penting dalam penyusunan skripsi. Terkadang itu bisa menjadi kendala yang membuat penyusunan skripsi kita menjadi lama. Apalagi bagi kamu yang baru mulai membuat skripsi, kamu pasti membutuhkan referensi terkait penelitian yang ingin kamu ambil.
Kamu akan menghabiskan waktu di perpustakaan kampusmu. Menurut saya, itu sangat merepotkan. Belum lagi jika harus ke perpustakaan lain karena referensi untuk penelitian yang kamu ambil belum ada atau masih sedikit.
Jika kamu mencoba mencari dengan mesin pencari Google, mungkin sedikit mengesalkan, karena hasilnya akan tercampur-campur dengan beberapa blog yang tidak jelas sumbernya. Untuk mengatasi itu, beberapa situs di bawah ini bisa kamu kunjungi untuk membantumu mencari referensi dalam penyusunan skripsi.

1. Goggle Scholar

Google Scholar - Screenshot
Google Scholar adalah salah satu layanan milik Google yang memungkinkan kamu untuk mencari referensi penelitian dalam format publikasi. Beberapa fiturnya memudahkan kamu dalam pencarian. Kamu bisa membuat bookmark pada publikasi yang kamu temui. Selain itu kamu dapat dengan mudah mengutip sebuah publikasi yang sudah disediakan ke dalam pilihan beberapa gaya sitasi.
Jika kata kunci yang kamu tuliskan masih terlalu umum, hasil pencarian akan terlalu beragam. Kamu bisa mencari publikasi terkait agar hasilnya lebih spesifik dengan topik yang kamu butuhkan.

2. Microsoft Academic

Microsoft Academic - Screenshot
Microsoft Academic merupakan mesin pencari referensi penelitian dalam format publikasi. Terdapat beberapa fitur filter yang dapat membantumu dalam pencarian, seperti mencari jurnal berdasarkan penulis atau afiliasi tempat bernaungnya penelitian yang kamu cari.
Menurut saya, Microsoft Academic memberikan fitur-fitur pencarian yang sangat membantu. Karena filter yang disediakan membuat pencarian semakin spesifik. Jika kamu sulit menemukannya pada Google Scholar, mungkin pilihan yang satu ini dapat membantu kamu.

3. Academia

Academia - Screenshot
Beberapa di antara kamu pasti sudah ada yang familier dengan situs yang satu ini. Academia adalah jejaring sosial untuk para akademisi yang digunakan sebagai media sharing makalah penelitian. Berbeda dengan mesin pencari sebelumnya, di sini kamu hanya bisa mencari jurnal yang memang diunggah oleh pengguna Academia.
Academia memang bisa dibilang tidak selengkap mesin pencari, namun kamu bisa berkomunikasi langsung dengan pemilik jurnal. Seperti memberikan pesan, pertanyaan, dan meminta penulis untuk mengunggah jurnal yang ia publikasikan.

4. ResearchGate

Research Gate - Screenshot
ResearchGate merupakan platform media sosial untuk para peneliti. Situs ini tidak hanya digunakan saat kamu mengerjakan skripsi. Setelah skripsi pun situs ini sangat berguna untuk kamu yang berniat melanjutkan kuliah dari S1 ke S2.
Di dalamnya terdapat forum diskusi yang melibatkan banyak peneliti dari seluruh dunia. Kamu bisa melontarkan pertanyaan dalam forum atau pertanyaan publik untuk mendapatkan jawaban dari pengguna lainnya.
Beberapa publikasi memang tidak dibuka secara publik, kamu perlu meminta izin dari pemiliknya untuk mendapatkan akses. Dari keseluruhan informasi yang disajikan, menurut saya ResearchGate merupakan platform yang lebih baik ketimbang Academia. Dengan tampilan yang lebih ringan, ResearchGate mampu memberikan lingkungan yang benar-benar dikhususkan untuk para peneliti.

5. Indonesian Publication Index

Portal Garuda - Screenshot
IPI, atau yang dikenal dengan Portal Garuda, merupakan mesin pencari jurnal seperti Google Scholar atau Microsoft Academic. Namun situs ini hanya memberikan hasil pencarian jurnal berbahasa Indonesia. Jika kamu membutuhkan jurnal berbahasa Indonesia untuk memudahkan kamu dalam penyusunan skripsi, situs ini lah solusinya.
Menurut saya, situs ini hanya bisa menjadi alternatif ketika kamu pusing dengan banyaknya jurnal berbahasa Inggris. Karena, lebih baik kita mengutamakan jurnal internasional agar kita terlatih memahami bahasa Inggris.

Situs-situs di atas sangat membantu, karena kita bisa mendapatkan jurnal-jurnal terbaru dengan mudah. Sehingga skripsi yang dihasilkan berkualitas dan tidak ketinggalan zaman karena terpaku pada referensi-referensi yang usang.
Sebenarnya masih ada beberapa situs yang tidak masuk dalam daftar rekomendasi ini. Jika kamu memiliki rekomendasi lain, kamu bisa bagikan pada kolom komentar.
(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah; Sumber gambar Pexels)

0 komentar:

Posting Komentar