Jumat, 26 Mei 2017

Mei 26, 2017
Seperti yang sudah saya jelaskan di postingan sebelumnya apa itu definisi humas dan fungsi serta tugas-tugasnya, Public Relations adalah fungsi manajemen yang membantu meraih tujuan organisasi, merumuskan filosofi dan memperantarai perubahan organisasi. Praktisi PR berkomunikasi dengan seluruh publik internal dan eksternal yang terkait untuk membangun hubungan positrif dan untuk menciptakan konsistensi antara tujuan organisasi dan harapan masyarakat. Praktisi PR mengembangkan, melaksanakan dan mengevaluasi program organisasi dengan mendorong pertukaran pengaruh dan pengertian antara bagian-bagian pokok dan publik organisasi. (Otin Baskin, et.al, 1997:5).
berdasarkan definisi diatas maka bisa dikatakan peran dan fungsi seorang humas di dalam suatu perusahaan sangatlah penting, humas berada di posisi yang sangat strategis untuk kelancaran kegiatan komunikasi, namun sering kali banyak perusahaan yang mengangap peran seorang humas tidak penting bahkan tidak sedikit pula perusahaan yang menyamakan posisi humas dengan bagian lain seperti marketing atau pun costumer service. begitu pula dengan lahan kerja yang diambil oleh orang-orang dari background yang sangat berbeda sehingga semakin berkurang saja kesempatan sarjana komunikasi untuk bisa menerapkan ilmu yang telah didapatkannya selama 4 tahun, maka dari itu melihat fenomena tersebut seorang humas harus mempunyai kemampuan lain yang tentunya berdeba dari marketing dan juga CS.
Era globalisasi,era kompetitis ,era komunikasi,era informasi ,era image war ( perang citra ) atau apapun nama eranya sekarang ini.dinamika public atau masyarakat semakin besar dan berkembang,tuntutan,keinginan dan harapan public atau masyarakat terhadap pemenuhan kebutuhan informasi semakin kritis. Perubahan public atau masyarakat semakin cepat itu ditunjang oleh perkembangan teknologi komunikasi terutama setelah munculnya media online (internet). Melihat kondisi dan situasi public atau masyarakat diatas,kehadiran profesi dan pendidikan public relation semakin dibutuhkan.Pada era teknologi ini seorang humas bisa memanfaatkan keunggulan dari kecanggihan teknologi misalnya menggunakan kecanggihan gadjet seperti smartphone, tablet, dan fasilitas internet yang dapat ditemu dimana saja dan kapan saja.
DI era internet, khususnya era media sosial, petugas atau staf humas (praktisi PR) dituntut mampu menjalankan tugas humas online dikenal juga dengan istilah Digital PR, Cyber PR, atau Electronik PR (e-PR).
Kehadiran media online menjadikan tugas humas dengan tugas pemasaran (marketing) dan tugas layanan pelanggan (customer service) menjadi “berbaur”. Bisa dikatakan, tidak ada sekat antara Humas, Pemasaran, dan CS. Semua menjadi satu.
Karenanya, di lembaga apa pun Anda menjadi Humas (PR), instansi pemerintah ataupun perusahaan, organisasi swasta ataupun yayasan, tugas Humas Online melakukan semua fungsi humas, pemasaran, dan CS.
Yang harus dimiliki adalah penguasan IT dan media online, juga kemahiran melakukan komunikasi di dunia maya.
Petugas Humas harus akrab dengan komunitas online, netizen, user media sosial, plus gaya obrolan termasuk istilah “gaul” yang sering digunakan –CMIIW, IMHO, YW, dafuq, dll.
Langkah Praktis untuk Latihan
Petugas atau praktisi humas (PR) bisa memulai kemahirannya (skills) soal media online dengan cara:
  1. Blogging. Membuat blog pribadi untuk melatih keterampilan menulis di media online, juga mengakrabi bahasa pemrograman seperti CSS, HTML, Javascript, dan php. Untuk itu, buatlah blog di Blogger.
  2. Netizen. Jadilah user internet yang aktif. Share dan publikasi info aktual, aktif di forum-forum, minimal aktif di Facebook dan Twitter untuk membiasakan diri bergaul dengan komunitas online atau masyarakat dunia maya.
  3. Strategi. Banyak sekali strategi humas dan pemasaran online, juga strategi media sosial, yang dibagi oleh para praktisi dan ahli, khususnya yang berbahasa Inggris. Silakan Googling, misalnya dengan kata kunci “social media strategy” atau “online marketing strategy”, juga “online public relations”. Pelajari dan dalami agar bisa menguasai “ilmu” humas online dengan baik.

0 komentar:

Posting Komentar